Fakta Dibalik Kemenangan Portugal

Portugal memenangkan Euro 2016. Banyak fakta menarik terungkap usai laga dramatis tersebut. dan Christiano Ronaldo muncul sebagai pahlawan

Euro 2016 sudah berakhir dan menempatkan timnas Portugal sebagai pemenang usai mengalahkan Prancis pada laga final dengan skor 1-0 pada babak perpanjangan waktu. Banyak pihak yang tak menduga Seleccao das Quinas mampu menaklukkan Eropa, pasalnya perjalanan Portugal pada kompetisi Euro tahun ini tidak begitu mulus. Tapi Christiano Ronaldo cs mampu membuktikan bahwa tim mereka laik jadi juara, dengan sejumlah fakta luar biasa dibalik kemenangan tersebut.

portugal

Portugal merupakan pengisi grup E kompetisi Euro 2016 bersama Islandia, Austria, dan Hungaria. Di atas kertas harusnya pasukan Fernando Santos ini mampu memuncaki grup dengan mudah, namun yang terjadi mereka hanya berhasil mengisi posisi ketiga klasemen grup E, dan lolos 16 besar sebagai grup peringkat tiga terbaik. Di babak 16 besar tim ini mendapatkan perlawanan Kroasia yang dimenangkan Seleccao das Quinas lewat drama adu penalti. Dan lagi-lagi kekuatan tim ini diuji pada babak delapan besar dengan adu penalti lawan Polandia, beruntung Pepe cs mampu menuntaskannya dengan maksimal, dan terakhir adalah kemenangan atas tuan rumah Prancis.  

Fakta Ini Membuat Portugal Naik Daun

Enam fakta menarik seputar kemenangan Portugal di kancah Euro 2016 menurut togel sgp membuat publik terkesima. Dan Andapun akan menjadi bagian dari ketakjuban atas prestasi luar biasa tim yang diarsiteki Fernando Santos ini.

  • Secara akumulasi, sebenarnya Portugal hanya mampu mendominasi laga selama 73 menit selama Euro 2016 dari total permainan 720 menit mulai dari babak penyisihan grup hingga final kontra Prancis.
  • Trofi Euro 2016 yang dimenangkan Portugal merupakan yang pertama dimiliki Seleccao das Quinas di berbagai ajang kompetisi internasional. Kondisi ini kemudian menempatkan skuat Fernando Santos ini sebagai satu dari 10 tim terkuat Eropa saat ini, setelah Jerman, Spanyol, Prancis, Uni Soviet, Italia, Republik Ceko, Belanda dan Denmark.
  • Portugal merupakan salah satu tim kuda hitam yang tak masuk dalam daftar kandidat juara Euro 2016, namun berhasil mematahkan semua prediksi buruk tim yang sudah lebih dari 10 kali mengikuti ajang bergengsi sepak bola Eropa tersebut.
  • Christiano Ronaldo dan rekannya Pepe, merupakan pemain yang masuk daftar peraih dua gelar juara paling prestisius di dunia di tahun yang sama, yaitu Liga Champions dan Euro. Dimana sebelumnya dua pemain yang sama-sama membela Real Madrid tersebut sudah lebih dahulu merayakan gelar ke-11 pada ajang Liga Champions Mei lalu, setelah mengalahkan Atletico Madrid.
  • Kiper Portugal Rui Patricio berhasil mencetak penyelamatan terbanyak sejak 1980 yaitu mencapai delapan kali. Angka ini menyamai torehan kiper Denmark Peter Schmeichel tahun 1992.
  • Eder merupakan pemain pengganti keenam yang berhasil mencetak gol di final Euro. Dia mengakui semangatnya menggebu usai dibisiki sang kapten Christiano Ronaldo yang memprediksi dirinya akan mencetak gol kemenangan di final, dan hal itu terwujud dengan sempurna.

 

Christiano Ronaldo Jadi Pahlawan Portugal Di Euro 2016

Keberadaan Christiano Ronaldo di laga final Euro 2016 memang hanya 30 menit, karena keburu cedera usai disenggol pemain Prancia Dimitri Payet. Namun ternyata dia menjadi motivasi tim untuk bisa bersatu memenangkan pertandingan. Bahkan usai diberikan tindakan medis, Ronaldo mendampingi sang pelatih menyemangati tim dari pinggir lapangan dengan kaki yang masih terbalut perban. Para pemain Portugal tak menampik bahwa sosok sang kaptenlah yang menjadi semangat terbesar mereka untuk menuntaskan laga dengan kemenangan.

 

Memang banyak hal spektakuler yang tercipta pada laga final Euro 2016 yang kemudian menempatkan Portugal sebagai juaranya. Banyak pengamat menilai bahwa mulai saat ini Portugal akan semakin diperhitungkan di dunia sepak bola karena berhasil membuktikan kekuatan tim yang sangat luar biasa. Pada kompetisi selanjutnya tim ini akan jadi saingan berat tim elit Eropa lainnya.